Tinggalkan komentar

KWARRAN DUKUHTURI ADAKAN JAMBORE RANTING 2013

jamran 2013 1

 Setelah vakum kegiatan Jambore di tingkat kwartir ranting Dukuhturi, akhirnya di akhir tahun 2013 ini kembali adakan Jambore Ranting. Kegiatan Jambore Ranting kwaran Dukuhturi ini merupakan program perdana setelah pengukuhan pengurus Kwaran beberapa waktu lalu. Berkat kesigapan seluruh Jajaran kepengurusan   baru, hanya berselang dua minggu sejak pengukuhan, kwaran dukuhturi mampu laksanakan kegiatan yang selalu dinanti nantikan oleh segenap penggalang  diwilayah kwartir ranting Dukuhturi ini.

Seperti beberapa tahun sebelumnya, kegiatan yang dilaksanakan pada jumat hingga minggu tanggal 8-10 November 2013 ini dipusatkan dilapangan Dukuhturi yang berlokasi di Desa Pagongan Kecamatan Dukuhturi. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh pangkalan SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Kwartir Ranting Dukuhturi. Suksesnya Kegiatan Jambore Ranting 2013 Kwaran Dukuhturi tak lepas dari peran serta seluruh elemen terkait, mulai dari unsur mabiran hingga mabigus. Kak Wardi, S.Pd selaku Ketua harian kwaran dukuhturi yang sehari – hari menjabat Kepala Kantor Dinas Pendidikan Kecamatan Dukuhturi sangat peduli terhadap perkembangan Gerakan Pramuka diwilayah Dukuhturi. Beliau tak segan segan memberikan sangsi kepada Kepala SD di wilayah binaanya apabila ditemui kepala Sekolah di wilayah binaannya tidak mendukung perkembangan Gerakan Pramuka, karena “Pramuka merupakan satu satunya organisasi yang sampai dengan detik ini tetap konsisten terhadap nilai nilai karakter bangsa, sehingga kita sebagai stake holder wajib untuk mendukung gerakan ini, tetapi kita semua bersyukur karena Ka Mabigus di wilyah Dukuhturi ternyata sangat antusias, inilah buktinya kita mampu menyelenggarakan Jamran dlm waktu singkat” demikian tegas beliau.
Dukungan penuh juga disampaikan Camat Dukuhturi, kak Eliya Hidayah, S.IP selaku ka mabiran kawaran Dukuhturi, Beliau mengatakan “ Kita Prihatin dengan kondisi pemuda saat ini, dimana pergaulan bebas telah menjangkiti sebagian dari pemuda kita, krisis identitas sebagai bangsa juga telah menjangkiti pemuda kita, ini masalah yang harus kita pecahkan bersama oleh semua komponen bangsa, Namun kita bersyukur masih ada Pramuka yang telah teruji dalam membentuk karakter pemuda harapan bangsa, mudah mudahan melalui kegiatan Jambore kelak adik-adik pramuka peserta Jambore ini akan lahir menjadi generasi emas yang akan menjaga keutuhan NKRI” demikian tukas beliau dengan semangatnya saat membuka Jambore ranting beberapa waktu lalu.
Hadir dalam kesempatan tersebut Ka Pusdik Dewaruci kak Ike Nachrawi, Seorang senior di jajaran Pusdiklatpram yang selalu eksis dalam membina anggota dewasa. Dalam kesempatan tersebut beliau memberikan pencrahan tentang jenjang pendidikan yang perlu di ikuti oleh para pembina pramuka guna peningkatan mutu pendidikan kepramukaan dilingkungan gudep binaan masing masing.
Ada perkembangan yang cukup signifikans berkaitan dengan kualitas kegiatan Jambore ranting 2013 jika dibandingkan dengan kegiatan beberapa tahun sebelumnya, yaitu adanya materi ketertiban lalu lintas yang dismpaikan oleh Kak Parman anggota Polsek dukuhturi, dan Wasan Kebangsaan oleh anggota Koramil Dukuhturi untuk peserta dari gudep SMP/MTs dan Sosialisasi UU No 12 Thn 2010 yang disampaikan oleh Kak Sopan Efendi pengurus kwarcab 11 28 Tegal kepada jajaran pembina dan Ka Mabigus. Materi inilah yang akan menambah wawasan tentang pentingnya Pramuka dalam pembentukan karakter dikalangan peserta didik.
Keseriusan Kwaran Dukuhturi dalam hal kualitas kegiatan ditunjukan dengan disediakannya tropi kejuaraan tiap bidang lomba. Kami sudah mensetting kegiatan ini dengan maksimal, meski masih ada beberapa hal yang memang perlu ada sedikit pembenahan setidaknya dengan banyaknya tropi kejuaraan akan lebih memotivasi Gugus Depan untuk lebih bersaing secara sehat. Demikain ungkap Kak Suci selaku Ketua Jamran 2013 usai upacara penutupan.
Dari hasil kegiatan Gudep 05.095 – 05.096 pangkalan SMP Negeri 1 Dukuhturi berhasil meraih Juara Umum dan memboyong 7 Tropi sekaligus, di susul Gudep SMP N 2 Dukuhturi sebagai juara umum ke 2 dan sebagai juara umum ke tiga diraih oleh gudep SMP NU 02 Dukuhturi. (IHP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: