Tinggalkan komentar

KTA PRAMUKA

 

Satu bukti bahwa seseorang adalah anggota Pramuka  yakni harus dapat menunjukkan KTA ( Kartu Tanda Anggota ) Pramuka yang dimilikinya. KTA merupakan bagian kelengkapan yang harus dimiliki setiap anggota Pramuka. KTA adalah bentuk pengakuan kepada seseorang bahwa yang bersangkutan aktif sebagai anggota Pramuka.
Pada perjalanan perkembangan tentang KTA Pramuka, adalah Kwartir Cabang sebagai lembaga pelaksana yang pertama kali diserahi tanggung jawab penyelenggara dan pengadaan KTA Pramuka. Pada perkembangan selanjutnya nampaknya penyelenggaraan KTA mengalami pasang surut dan kurang menggembirakan. Selain belum ditangani secara professional, juga SDM maupun tehnologi di masing masing daerah berbeda.

Saat inipun Dimungkinkan masih terdapat perbedaan baik format maupun bentuk KTA Pramuka di masing masing  antar wilayah Kwartir Daerah. Berikut ini beberapa contoh model/ bentuk Pengadaan KTA di satu Kwartir Daerah yang tetap mengambil kebijakan pengelolaan KTA dilaksanakan oleh Kwartir Cabang dengan tehnologi komputerisasi terpadu. Sehingga KTA di dalam satu wilayah Kwartir Daerah tersebut baik format, bentuk maupun tehnik pengumpulan data base akan tetap sama, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

KTA tersebut memiliki ukuran maupun ketebalan sejenis sama dengan ID card atau Kartu SIM ( 5,5 X 8 Cm ? ) sedangkan bahannya disesuaikan dengan kemampuan Kwartir Cabang masing masing.
Menurut pengamatan penulis, nampaknya Kwartir Daerah tersebut seolah  ikut ambil bagian dalam mengeluarkan KTA, hal ini ditunjukan dimana Ketua Kwarda ikut menandatangani KTA.. Namun demikian semata untuk menyelaraskan kebijakan dan dalam upaya pengumpulan data basis keanggotaan Gerakan Pramuka di wilayah Kwarda yang bersangkutan. (  dan tidak ambil bagian dalam urusan fee ).
Dalam pengelolaan KTA Pramuka Kwartir Cabang dapat bekerjasama dengan  pihak ketiga atau membentuk Unit tersendiri. 

KTA Pramuka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sosok bukti diri sebagai seorang anggota pramuka. Disetiap event kegiatan Pramuka, KTA merupakan persyaratan yang harus dilampirkan disaat mendaftar dan mengikuti kegiatan tersebut. 
Saat ini Paradigmapun perlu berubah. Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan  Kwartir Nasional tetap memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada anggotanya. Karenanya KTA merupakan kewajiban dan kebutuhan yang mendasar yang harus dimiliki oleh setiap anggota Pramuka. Ataukah akan jadi lembaga tertinggal dan ditinggal para anggotanya karena pelayanan yang kurang memuaskan ?

Penulis : Ge. Surendro
Pembina Gugus Depan dan Andalan Ranting.

(Pramukanet)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: