Tinggalkan komentar

Pelantikan Penegak Bantara SMK Nasional Dukuhturi

DUKUHTURI- Selama dua hari (17-18/03) Ambalan Pattimura-Nyut Nyak Dien mengadakan kegiatan pelantikan Bantara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Desa Kepandean Kecamatan Dukuhturi dan diikuti oleh sekitar 85 personil, meliputi peserta, dewan ambalan dan pembina.

“Tujuan diadakannya kegiatan pelantikan Bantara adalah mengembangkan persaudaraan, persatuan di kalangan Pramuka penegak dan Pandega serta memberi kepada mereka kegiatan yang bersifat kreatif, reaktif, Inovatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupan dan dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan jaman” Sambut Kak Nurfanani, SE, Kamabigus SMK Nasional Dukuhturi.

Sebelum dilantik dan dikukuhkan, para peserta diharuskan mengikuti Uji Kecakapan Umum tingkat Bantara untuk semua point. Sebagai wadah kegiatan kepramukaan tingkat Penegak di SMK Nasional Dukuhturi sejauh ini telah menghasilkan kader-kader Pramuka yang militan dan bisa dikatakan tangguh. Banyak sisi positif yang dapat diambil dari kegiatan tersebut, antara lain, penanaman rasa disiplin dan tanggungjawab, setia kawan dan kebersamaan. Selain itu mereka juga dilatih untuk me-manage waktu dan emosi dari padatnya kegiatan dan mata uji namun dengan waktu yang relatif terbatas.

“Ada salah persepsi yang harus diluruskan yang berkembang di masyarakat dewasa ini, bahwa Pramuka identik dengan semi militeristik dan tindak kekerasan atau perploncoan serta membuang-buang waktu percuma,” kata Kak Rizky, Pembina Pramuka SMK Nasional Dukuhturi. Pandangan ini mungkin muncul dari kurangnya pengetahuan dan sikap apriori terhadap organisasi kegiatan kepramukaan. Yang perlu dicatat adalah bahwa kegiatan kepramukaan itu adalah suatu kegiatan menarik (semacam permainan) namun mengandung banyak unsur pendidikan di dalamnya. Misalkan, baris-berbaris, membaca peta, menentukan koordinat dalam peta, menaksir, membaca kompas, survival, bakti sosial, pionering, moutainering, kepemimpinan, pengamalan peribadatan dan banyak kegiatan-kegiatan menarik lainnya. Dalam Kesempatan itu juga Sekretaris Kwarran, Wihartono didampingi Anru Penegak Pandega, Khalim Mahfud, menyambut baik dan terima kasih atas pelantikan penegak bantara, diharapkan nantinya anggota penegaknya bisa bergabung dan bekerjasama dengan DKR Dukuhturi” tegasnya, (wie)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: